Jumat, 15 Mei 2020

Tentang unggas Mentok dan Harga Entok terbaru

| Jumat, 15 Mei 2020
Mentok, entok atau Entog adalah unggas adalah jenis burung keluarga bebek yang banyak dipelihara dan diternakkan untuk diambil telur dan dagingnya. banyak sebutan untuk unggas ini diantaranya adalah itik serati, itik manila, itik surati, basur, bebek manila dan lain sebagainya. dalam bahasa Inggris mentok (Cairina moschata) disebut sebagai Barbary Duck serta Muscovy Duck.

Entok Jantan alis Basur
Entog atau Mentok peliharaan ini berasal dari Amerika tengah dan Amerika selatan termasuk Mexico, yang unik Mentok persilangan bebek disebut TikTok yaitu singkatan dari Itik dan Entok. sedangkan untuk persilangan bebek dan entog disebut Tongki.

Di alam liar Mentok jantan bisa mencapai panjang 86 cm, dari ujung paruh hingga ke ujung ekor sedangkan beratnya bisa mencapai 3 kg. Mentok betina lebih kecil, sampai sekitar 64 cm dan berat 1,3 kg. Sedangkan untuk Mentok peliharaan biasanya lebih gemuk, di mana jantan bisa mencapai 7 kg dan betina mencapai 5 kg karena pemberikan makanan yang maksimal.

Mentok Jantan mencari makan

Gambar Entok

Mentok mempunyai warna dominan hitam dan putih, mentok juga mempunyai  kulit atau tonjolan kulit berwarna merah dan hitam di sekitar mata dan wajahnya. Paruh gemuk pendek khas bebek, putih kemerahan. untuk bagian kaki gemuk pendek berselaput renang, abu-abu kehitaman. Ekor memipih datar dan agak lebar.

Meskipun pandai terbang, mentok peliharaan hampir tak pernah terbang jauh. Unggas ini sering terlihat berjalan bersama kelompoknya, perlahan-lahan dan tak pernah tergesa-gesa, dengan ekor bergoyang ke kanan dan ke kiri untuk mengimbangi tubuh (megal-megol) sehingga terkesan lucu.

Itik alias Mentok

Gambar itik
Mentok di alam liar biasa tidur di atas cabang-cabang pohon. Akan tetapi mentok peliharaan biasanya tidur di atas tanah. Di pedesaan di Jawa, mentok jarang dikandangkan. Dibiarkan bebas berkeliaran mencari makanannya sendiri, terutama di sekitar saluran air, sungai dan sawah. Mentok memakan aneka siput, cacing, serangga air, yuyu kecil dan pucuk-pucuk tumbuhan. Oleh pemiliknya, mentok kerap diberi makan dedak bercampur air dan sisa-sisa makanan.

Entog atau Mentok adalah unggas yang tidak berisik, tidak seperti itik petelur pada umumnya yang selalu ribut dan berisik bunyinya. Mentok betina mengeluarkan desisan dan desahan sambil berjalan. Mentok jantan kadang-kadang mengeluarkan desis keras sambil menggerakkan kepala maju mundur ( nyosor), untuk memperingatkan atau mengusir pengganggu.Mentok bertelur hingga kurang-lebih 10 butir, yang dierami oleh betinanya selama sekitar 5 minggu.

Jenis mentok liar yang terdapat di Indonesia adalah mentok rimba (Cairina scutulata). Unggas ini menyebar luas secara alami mulai dari India, Asia Tenggara hingga Sumatra dan Jawa. Populasi mentok rimba kini terancam kepunahan, karena perburuan dan terutama karena perubahan habitat yang drastis. Di Jawa, hewan ini sekarang diduga sudah punah.

Harga entok terbaru

Varian/Ukuran Entok Harga
DOD (Anakan) Entok Rp5.000 – Rp13.000 per ekor
DOD (Anakan) Entok Manila Rp16.000 per ekor
Entok 6 Bulan Rp80.000 per ekor
Entok Jantan Dewasa Rp120.000 – Rp180.000
Entok Betina Dewasa Rp175.000
Entok Sepasang Rp200.000 – Rp300.000

Demikian informasi tentang entok dan harga entok terbaru semoga bermanfaat.

Disadur dari Wikipedia

Tags
mentok, entog, itik manila, basur, mentok rimba, mentok liar, harga mentok, harga entog, harga entok.



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar