Selasa, 07 April 2020

Manfaat tumbuhan putri malu

| Selasa, 07 April 2020
Putri malu atau Mimosa pudica adalah tumbuhan liar berupa perdu pendek anggota suku polong-polongan yang sangat mudah dikenali karena daun-daunnya yang dapat secara cepat menutup atau layu dengan sendirinya jika disentuh. Walaupun sejumlah tumbuhan anggota polong-polongan yang lain bisa melakukan hal yang sama seperti putri malu,akan tetapi putri malu bereaksi lebih cepat. Kelayuan pada daun putri malu bersifat sementara karena setelah beberapa menit kondisinya akan pulih seperti semula.

Tumbuhan Putri malu

Banyak sekali sebutan untuk putri malu ini sesuai dengan sifatnya yang mudah layu ketika disentuh, dengan kata lain menjadi malu, inilah sebutan untuk putri malu :

Orang filipina menyebutnya makahiya yang berarti "malu", orang Hindia barat menyebut putri malu sebagai Mori Vivi, lalu disebut nidikumba oleh orang Srilanka yang berarti malu, sedangkan orang Tonga yaitu sebuah negara di Oceania menyebutnya Mateloi yang artinya pura-lura mati, sedangkan orang Thionghoa mengartikannya sebagai rumput pemalu.

Keunikan Putri malu

Keunikan dari putri malu adalah jika daunnya disentuh, ditiup, atau dipanaskan maka daunnya akan segera "menutup". Hal ini disebabkan karena terjadinya perubahan tekanan turgor pada tulang daun. Rangsang tersebut juga dapat dirasakan daun lainnya yang tidak ikut tersentuh.




Gerak seperti menutup ( tidur) disebut sebagai seismonasti, yang walaupun dipengaruhi rangsang sentuhan (tigmonasti), sebagai contoh, gerakan tigmonasti daun putri malu tidak peduli dari mana arah datangnya sentuhan.Putri malu juga akan menguncup ketika matahari terbenam dan merekah kembali ketika matahari terbit.

Kenapa daun putri malu akan menutup jika disentuh?

putri malu menutup daunnya untuk melindungi diri dari hewan pemakan tumbuhan (herbivora) yang ingin memakannya. Warna daun bagian bawah putri malu mempunyai warna yang lebih pucat, dengan menunjukkan warna yang pucat, maka hewan yang ingin memakan tanaman putri malau akan berpikir bahwa tumbuhan tersebut telah layu dan menjadi tidak ingin lagi untuk memakannya.

Khasiat dan manfaat daun putri malu untuk kesehatan

1. Untuk menyembuhkan luka, karena akar putri malu mengandung fenol yang dapat membunuh bakteri penyebab infeksi kulit.

2. Mempercepat regenerasi sel saraf yang rusak, Sebuah penelitian menunjukkan pemberian dosis ekstrak akar putri malu pada tikus percobaan dengan dosis 1,6 mg per 4 hari sekali selama 4 bulan bisa mempercepat regenerasi sel sel saraf yang rusak akibat luka.

3. Mengobati pendarahan pada saluran kencing, dengan cara diberikan ekstrak akar putri malu.

4. Anti Racun ular, Ekstrak akar putri malu bisa menghambat penyebaran dan aktivitas racun dari ular Vipera ruselli,Naja naja, dan juga Echis carinatus.

5. Putri malu bisa  meningkatkan kejantanan pria, Penelitian tanaman putri malu pada tikus menunjukkan dengan dosis 500 mg/kg berat badan, ekstrak akar putri malu bisa meningkatkan Libido dan testosteron pada tikus jantan tanpa efek samping.




Manfaat akar putri malu untuk kesehatan sangat banyak, tapi sebaiknya wanita hamil dan menyusui tidak mengonsumsinya karena dapat mengakibatkan keguguran dan kesulitan untuk memiliki anak.

semoga informasi tentang putri malu bisa bermanfaat.

Artikel diambil dari berbagai sumber termasuk wikipedia dan tribun.











Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar