Jumat, 20 Maret 2020

Padi dan jenisnya

| Jumat, 20 Maret 2020
Padi adalah salah satu tanaman budidaya yang paling penting dalam peradaban kehidupan manusia, padi yang mempunyai nama latin Oryza sativa L, menurut para ahli padi duga berasal dari India atau Indocina lalu masuk ke Indonesia dari daratan asia sekitar tahun 1500 sm oleh nenek moyang yang bermigrasi.

Sampai saat ini ada dua spesies padi yang dibudidayakan manusia secara massal yaitu Oryza sativa yang berasal dari Asia dan O. glaberrima yang berasal dari Afrika Barat, Di Indonesia ada beberapa jenis padi budidaya yaitu padi gogo, padi rawa, padi pera, padi ketan dan padi wangi.

Padi wangi atau Aromatic Rice dikembangkan di dibeberapa negera asia tapi yang paling terkenal adalah cianjur pandanwangi dan Rajalele, kedua kultivar ini adalah varietas javanica yang berumur panjang sedangkan diluar negeri terdapat padi biji panjang atau long grain dan padi biji pendek atau short grain.Salah satu tahap terpenting dalam pemuliaan padi adalah dengan dirilisnya kultivar padi 'IR5' dan 'IR8' merupakan padi pertama yang berumur pendek tapi berpotensi hasil tinggi.

Tanaman padi yang masih hijau


Tanaman padi yang masih muda


Demikianlah informasi tentang padi dan jenisnya, semoga bermanfaat



Related Posts

Tidak ada komentar:

Posting Komentar